Rabu, 17 Oktober 2018

Ulasan Ringkas 5 Framework Literasi Informasi di Berbagai Negara


source: https://www.pexels.com


Ulasan Ringkas 5 Framework Literasi Informasi

1. Information Literacy Competency Standards for Higher Education

Information Literacy Competency Standards for Higher Education (Standar Kompetensi Literasi Informasi untuk Pendidikan Tinggi) merupakan suatu standar literasi bagi tingkat mahasiswa yang disetujui oleh Association of College and Research Libraries disingkat ACRL atau yang berarti Dewan Direksi Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Penelitian pada 18 Januari 2000.
ACRL adalah sebuah divisi dari American Library Association (ALA).

Di dalam ACRL ini membahas
  • Definisi Literasi Informasi
  • Literasi Informasi dan Teknologi Informasi
  • Literasi Informasi dan Pendidikan Tinggi
  • Literasi Informasi dan Pedagogi
  • Standar kinerja dan evaluasi.
  • Ada 5 standar dan 22 indikator
2. Australian and New Zealand Institute for Information Literacy (ANZIIL)
  • Sebuah. ini produk Australia dan Selandia Baru. ANZIIL ini terhubung teori dan atas izin ACRL
  • Ada 6 standar, kurikulum dan evaluasi, standar kurikulum dan pembelajaran.
  • Membahas literasi informasi sebagai konsep belajar cara belajar, yaitu juga tentang hub literasi informasi, Pembelajaran mandiri, LLL dan Pembelajar mandiri serta elemen-elemen yang ada di IL.
  • Elemen-elemen literasi informasi
  • Membahas sejarah singkat literasi informasi.
  • memberikan contoh contoh tentang praktik literasi informasi di berbagai perguruan tinggi.
  • Jadi disini mendeskripsikan tentang prinsip, standar dan praktik di lapangan.
  • Dijelaskan dan kronologi implementasi anzil ini dari tahun 1965 - 2003
  • Konsep literasi informasi adalah belajar bagaimana mempelajarinya dengan gambar tentang literasi informasi 
  • Poin yang penting adalah pustakawan sebagai pendidik (Librarian as Educators)
3. ANCIL A New Curriculum for Information Literacy
  • Membandingkan antara New Curriculum, 7 pilar SCONUL , ANZIIL
  • ANCIL saat ini membuat kurikulum baru yang lebih lengkap untuk literasi informasi, yang terdiri dari conten, LO, contoh aktivitas, contoh pos
  • Dijelaskan juga ttg-temuan dalam penelitian tentang praktik ancil di universitas
  • Ada tips untuk pustakawan dalam perubahan cara gabungan Literasi Informasi
  • Dijelaskan juga tentang praktek yang baik dan praktik terbaik Literasi Informasi
  • Cilip yaitu Chartered Institute of Library and Information Professionals (CILIP) di Inggris.
  • Sumbernya, adalah: Secker, Jane dan Emma Coonan. 2011. Kurikulum Baru untuk literasi informasi: transisi, transferable, transformasional / Cambridge: Proyek Arcadia, Perpustakaan Universitas Cambrige
4. SCONUL Information Literacy Framework for Wales
  • Membahas tentang Literasi Informasi dan skill evelopment serta level dalam Literasi Informasi
  • Dikenal dengan 7 pilar, yaitu 7 tahap : identify, scope, plan, gather, evaluate, manage, present

5. A National Information Literacy Framework Scotland
  • Mengutamakan Literasi Informasi untuk anak-anak level sekolah dengan berbagai level, sampai pada higher education
  • Dokumen ini merupakan draf evaluasi implementasi Literasi Informasi di berbagai level dari sekolah sd ke pendidikan tinggi dengan mengacu ke SCQF (scotland credit and qualification framework)
  • Chartered Institute of Library and Information Professionals (CILIP) di UK


disadur dari Mata Kuliah Literasi Informasi
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar