Sabtu, 20 Oktober 2018

Standar, Indikator Kinerja, dan Hasil (Standards, Performance Indicators, and Outcomes) dari Penerapan ACRL


Standar Satu ''Siswa yang melek informasi dapat menentukan sifat dan tingkat informasi yang dibutuhkan''


Indikator Kinerja:
1. Siswa informasi yang melek huruf mendefinisikan dan mengartikulasikan kebutuhan akan informasi.
      Hasil / Outcomes
  • Berunding dengan instruktur dan diskusi dalam diskusi diskusi kelompok, rekan kerja, dan diskusi elektronik untuk mengetahui topik penelitian, atau kebutuhan informasi lainnya
  • Mengembangkan pernyataan dan merumuskan pertanyaan berdasarkan kebutuhan informasi 
  • Menggali informasi umum untuk meningkatkan keakraban dengan topik 
  • Menentukan atau menyesuaikan kebutuhan informasi untuk mencapai yang dapat dikelola fokus 
  • Mengidentifikasi konsep dan istilah utama yang menginginkan informasi 
  • Mengakui informasi yang ada yang dapat disesuaikan dengan yang asli, eksperimen, dan / atau analisis untuk menghasilkan informasi baru
2. Pengguna yang melek huruf tentang berbagai jenis dan format untuk informasi
     Hasil / Outcomes
  • Tahu bagaimana informasi secara formal dan informal, terorganisir, dan disebarluaskan
  • Mengakui bahwa masalah dapat diatur ke dalam disiplin itu mempengaruhi cara informasi diakses
  • Mengidentifikasi nilai-nilai dan perbedaan-perbedaan dalam bentuk-bentuk variabel dan format (mis., Multimedia, basis data, situs web, kumpulan data, audio / visual, buku)
  • Mengidentifikasikan tujuan dan audiens sebagai Sumber Daya (misalnya, populer vs. ilmiah, saat ini vs. historis) 
  • Membedakan antara primer dan sekunder, informasi bagaimana mereka bervariasi dengan setiap disiplin
  • Informasi yang diperlukan untuk dibuat dengan data mentah dari primer

3. Siswa yang melek informasi akan mempertimbangkan biaya dan manfaat dari penggunaan informasi yang dibutuhkan
      Hasil / Outcomes
  • Menentukan informasi yang diperlukan dan membuat keputusan untuk memperluas proses informasi di luar sumber daya sumber daya (misalnya pinjaman interlibrary; menggunakan sumber daya di tempat lain; dapatkan gambar, video, teks, atau suara)
  • Mempertimbangkan kelayakan untuk mendapatkan bahasa baru (misalnya, asing atau berdasarkan disiplin) untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan dan untuk memahami konteksnya
  • Menentukan blok secara keseluruhan dan menggunakan informasi yang dibutuhkan
4. Siswa yang melek informasi akan mengevaluasi kembali sifat dan luasnya kebutuhan informasi. 
    Hasil / Outcomes
  • Meninjau informasi awal perlu memperjelas, merevisi, atau menyempurnakan pertanyaan
  • Menggambarkan Kerah yang digunakan untuk membuat keputusan dan pilihan informasi

Standar Dua ''Siswa yang melek informasi mengakses informasi yang diperlukan secara efektif dan efisien''

Indikator Kinerja:
1. Siswa yang melek informasi memilih metode yang paling tepat atau sistem pencarian informasi untuk mengakses informasi yang dibutuhkan
     Hasil / Outcomes
  • Mengidentifikasi metode yang tepat (misalnya, tinjauan laboratorium, simulasi, kerja lapangan)
  • Selidiki manfaat dan persiapan Semua metode Penelitian
  • Selidiki ruang lingkup, konten, dan organisasi informasi sistem pengambilan
  • Pilih yang efisien dan efektif untuk mengakses informasi dari informasi atau informasia 
2. Siswa yang melek informasi informasi membangun dan mengimplementasikan strategi yang efektif pencarian.
     Hasil / Outcomes
  • Mengembangkan rencana penelitian yang sesuai dengan metode investigasi
  • Mengidentifikasi kata kunci, sinonim, dan istilah yang terkait untuk informasi yang dibutuhkan 
  • Memilih kosakata yang terkontrol secara spesifik untuk disiplin atau informasi, yakni memperoleh kembali
3. Siswa yang dapat membaca informasi mendapatkan informasi secara online atau di orang menggunakan berbagai metode.
     Hasil / Outcomes
  • Menggunakan berbagai sistem pencarian untuk mengambil informasi dalam berbagai format
  • Menggunakan berbagai sistem dan sistem lain (misalnya, sistem pertemuan atau indeks angka) untuk mencari informasi di dalam informasi untuk cital fisik tertentu.
  • Penggunaan layanan online atau pribadi khusus yang tersedia untuk mengambil informasi yang dibutuhkan (misalnya, pinjaman / dokumen pengiriman antar perpustakaan, asosiasi profesional, kantor penelitian institusional, sumber daya komunitas, ahli, dan praktisi)
  • Menggunakan survei, surat, wawancara, dan bentuk-bentuk lainnya
4. Siswa yang melek informasi informasi memurnikan strategi pencarian jika diperlukan.
     Hasil / Outcomes
  • Menilai jumlah, kualitas, dan relevansi hasil pencarian untuk menentukan apakah sistem temu kembali informasi alternatif atau metode investigasi harus dimanfaatkan
  • Mengidentifikasi apakah ada informasi yang diperlukan dan apa yang harus dilakukan. Mengulangi pencarian menggunakan strategi yang direvisi seperlunya
5. Siswa yang melek informasi informasi ekstrak, informasi, dan mengelola informasi dan sumber-nya.
     Hasil / Outcomes
  • Memilih di antara berbagai teknologi yang paling tepat untuk tugas-tugas yang mengekstraksi informasi yang diperlukan (misalnya, fungsi data, mesin fotokopi, scanner, peralatan audio / visual, atau eksplorasi instrumen atory)
  • Menciptakan sistem untuk mengatur informasi
  • Membedakan antara jenis yang berbeda dan mengetahui elemen dan sintaks yang benar dari berbagai sumber daya

Standar Tiga ''Siswa yang melek informasi mengevaluasi informasi dan sumbernya secara kritis dan memasukkan informasi yang dipilih ke dalam basis pengetahuan dan sistem nilainya''


Indikator Kinerja:
1. Siswa yang melek informasi akan merangkum ide-ide utama yang akan diekstraksi dari informasi yang dikumpulkan.
    Hasil / Outcomes
  • Membaca teks dan memilih ide utama
  • Mengulang konsep tekstual dengan kata-katanya sendiri dan memilih data ac-curalah 
  • Mengidentifikasi materi kata demi kata yang bisa disesuaikan dengan tepat
2. Siswa melek informasi informasi yang mengartikulasikan dan menerapkan informasi awal untuk informasi dan sumbernya.:
Hasil
     Hasil / Outcomes
  • Memeriksa dan membandingkan informasi dari berbagai sumber secara berurat untuk validasi, validitas, akurasi, otoritas, ketepatan waktu, dan persepsi atau bias
  • Menganalisa struktur dan logika atau metode pendukung
  • Mengakui prasangka, penipuan, atau manipulasi
  • Mengakui konteks budaya, fisik, atau lainnya di mana informasi yang dibuat dan memahami dari konteks menimplement informasi
3. Siswa yang melek informasi menyintesis gagasan utama untuk membangun konsep baru.\
     Hasil / Outcomes
  • Mengenali keterkaitan antar konsep dan membahasnya menjadi pernyataan utama yang didukung dengan bukti pendukung
  • Memperluas sintesis awal, bila memungkinkan, pada tingkat ab- yang lebih tinggi. straction for build hypothesis baru yang mungkinuntuk informasi tambahan c. Memanfaatkan komputer dan teknologi lainnya (misalnya spreadsheet, data-perlengkapan dasar, multimedia, dan audio atau visual) untuk mempelajari interaksi ide dan fenomena lainnya
4. Siswa yang melek, informasi, informasi, pengetahuan, pengetahuan, pengetahuan, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, informasi, dan lain lain.
      Hasil / Outcomes
  • Menentukan apakah informasi memuaskan penelitian atau lainnya membutuhkan informasi
  • Gunakan kriteria yang ditentukan secara sadar untuk menentukan apakah informasi informasi bertolak belakang atau informasi yang berasal dari lain
  • Menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang dikumpulkan
  • Menguji teori dengan teknik yang sesuai dengan disiplin (mis., Simulasor, eksperimen)
  • Menentukan akurasi yang mungkin dengan mempertanyakan data sumber, keterbatasan alat atau strategi informasi, dan kewajaran kesimpulan
  • Mengintegrasikan informasi baru dengan informasi atau pengetahuan sebelumnya
  • Pilih informasi yang memberikan bukti untuk topik tersebut
5. Mahasiswa yang melek informasi menentukan apakah pengetahuan baru Berfokus pada sistem nilai individu dan mengambil langkah-langkah untuk rekonsiliasi angka.
     Hasil / Outcomes
  •  Selidiki kesalahan yang berbeda yang ditemukan dalam literatur
  • Menentukan apakah akan memasukkan atau menolak objek yang ditemui
6. Siswa yang melek informasi memvalidasi pemahaman dan inter pretasi informasi melalui wacana dengan orang lain, ahli bidang studi, dan / atau praktisi.
      Hasil / Outcomes
  • Berprograman dalam kelas dan diskusi lainnya
  • Berpartisipasi dalam forum komunikasi elektronik yang membahas kelas dibuat untuk mendorong wacana tentang topik (misalnya, e-mail, buletin papan, ruang obrolan)
  • Mencari kata-kata kunci melalui berbagai gejala (misalnya, bagian, email, listservs)
7. Para siswa melek informasi informasi menentukan apakah permintaan awal harus direvisi.
    Hasil / Outcomes
  • Menentukan apa saja yang diperlukan informasi asli telah diberikan atau jika perlu informasi tambahan
  • Tinjau strategi pencarian dan gabungkan konsep tambahan sebagai perlu
  • Pengambilan informasi informasi yang dapat digunakan untuk menggabungkan yang lain sesuai kebutuhan

Standar Empat ''Siswa yang melek informasi, menjadi individu atau sebagai anggota kelompok, menggunakan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu''

Indikator Kinerja

1. Siswa yang melek informasi informasi penerapan informasi baru dan sebelumnya untuk perencanaan dan pembuatan produk atau kinerja tertentu.
Hasil
      Hasil / Outcomes
  • Menyusun konten dengan cara yang mendukung tujuan dan format produk atau kinerja (mis. Besar, draf, cerita-papan)
  • Mengartikulasikan pengetahuan dan keterampilan yang berasal dari pengalaman sebelumnya untuk merencanakan dan membuat produk atau kinerja 
  • Mengintegrasikan informasi baru dan sebelumnya, termasuk kutipan dan parafrase, dengan cara yang mendukung tujuan produk atau kinerja 
  • Memanipulasi teks digital, gambar, dan data, sesuai kebutuhan, mentransfer mereka dari lokasi dan memformat asli ke konteks baru 
2. Siswa melek informasi meristem proses untuk produk atau kinerja.
Hasil
     Hasil / Outcomes
  • Mempertahankan jurnal atau kegiatan yang terkait dengan informasi mencari, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan proses 
  • Merefleksikan sukses, gagal, dan strategi alternatif di masa lalu

3. Siswa yang melek informasi informasi mengkomunikasikan produk atau kinerja untuk orang lain. Hasil Lengkap: Sebuah.
      Hasil / Outcomes
  • Pilih media komunikasi dan format yang paling mendukung tujuan produk atau kinerja dan audiensi yang dituju
  • Mengaktifkan berbagai aplikasi teknologi informasi dalam pembuatan produk atau kinerja
  • Menggabungkan prinsip desain dan komunikasi\
  • Berkomunikasi dengan jelas dan dengan gaya yang mendukung tujuan dari audiens yang dituj

Standar Lima Siswa yang melek informasi yang memahami banyak masalah ekonomi, hukum, dan masalah seputar penggunaan informasi dan akses informasi secara etis dan legal.

Indikator Kinerja:

1. Siswa yang melek informasi itu memahami banyak masalah, hukum dan masalah sosio-ekonomi seputar informasi dan teknologi informasi.

Hasil / Outcomes

  • Mengidentifikasi dan membahas masalah yang berhubungan dengan privasi dan lingkungan baik cetak maupun elektronik
  • Mengidentifikasi dan membahas masalah yang terkait dengan akses gratis vs. biaya berdasarkan informasi
  • Mengidentifikasi dan membahas masalah yang berhubungan dengan penyensoran dan kebebasan pidato
  • Mendemonstrasikan pemahaman tentang kekayaan intelektual, hak cipta, dan penggunaan yang adil dari materi yang dilindungi hak cipta


2. Siswa yang melek informasi menurut hukum, peraturan, kebijakan, dan etiket terkait dengan akses dan penggunaan sumber daya informasi.
Hasil / Outcomes

  • Berpartisipasi dalam diskusi elektronik, praktik yang diterima (misalnya "Netiquette")
  • Menggunakan kata sandi yang unik dan bentuk ID lain untuk mengakses informasi sumber daya
  • Memenuhi kebijakan institusional tentang akses ke informasi sumber
  • Mempertahankan informasi sumber daya, peralatan, sistem dan fasilitas
  • Secara hukum mendapatkan, menyimpan, dan mendistribusikanluaskan teks, data, gambar, atau suara
  • Mendemonstrasikan pemahaman tentang apa yang merupakan plagiarisme dan tidak ada proyek yang diatribusikan kepada orang lain sebagai miliknya sendiri
  • Mendemonstrasikan pemahaman tentang kebijakan institusional terkait subyek penelitian manusia.

3. Siswa yang melek informasi yang berlaku pengguna informasi dalam mengkomunikasikan produk atau kinerja.
Hasil / Outcomes

  • Pilih gaya yang sesuai dan bisa digunakan secara akurat dari sumber
  • Izin posting diberikan pemberitahuan, jika diperlukan, untuk materi yang terkena hak cipta


Sumber : Standar Kompetensi Literasi Informasi untuk Pendidikan Tinggi, © ALA, 2000

0 komentar:

Posting Komentar